Membuat Relief Kaligrafi Sistim Ketok Dari Aluminium & Kuningan

Pada tip dan trik kali ini akan kita ulas sedikit mengenai cara membuat relief kaligrafi ketok dari alumunium dan kuningan. Cara membuat relief dari alumunium atau kuningan ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi, tapi bila relief alumunium ataupun kuningan yang kita bikin unik, rapi dan bercitarasa seni yang tinggi nilai jualnya tentu akan mengikutinya. Tahapan pembuatan relief alumunium atau kuningan cukup sederhana, begitu pula alat dan bahannya, tapi untuk bahan lembaran kuningan lebih mahal dari pada alumunium tentunya, disini untuk belajar kita akan menggunakan alumunium dulu, disamping harganya yang murah, bahan lembaran alumunium mudah didapat, karena hampir setiap toko material menjualnya.

Trik kali ini hanya contoh teknik, bahan, alat, motif relief atau huruf kaligrafi yang sederhana, untuk selanjutnya Anda bisa mengembangkan sendiri,

Langkahnya sebagai berikut:
  1. Kita siapkan aluminium bekas master plat percetakan, agak lumayan rata.
  2. Kita mulai membuat relief dengan memotong lembaran alumunium.
  3. Selanjutnya kita luruskan dulu lembaran aluminium yang bergelombang dengan kain, dengan di gosok dan tekan.
  4. Setelah kita ratakan dan luruskan lalu kita potong dengan gunting sesuai dengan kebutuhan.
  5. Setelah dipotong sesuai dengan ukuran yang kita kehendaki, lalu kita  mulai dengan membuat pola 2 buah garis lurus pada sekeliling lembaran alumunium tersebut dengan menggunakan paku yang di buat agak tumpul. 
  6. Setelah itu kita mulai ke langkah berikut dengan membuat border dengan menggores dan tarik garis pada sekelilingnya dengan menekan ( di bawah alumunium harus di beri bantalan seperti: karet tipis, kulit, buku agenda yang lunak, kain beberapa lapis)
  7. Setelah sekeliling huruf selesai kita  garis, lembaran alumunium tersebut kita balik dan kita beri motif pada huruf kaligrafi, bisa motif lengkung, lurus atau bisa goresan berulang, semakin dalam kita menekan, maka huruf akan semakin menonjol bila dilihat dari depan.
  8. Juga kerjakan pada bagian sekeliling/border, juga pada garis lis pinggir, demikian setengah kerjaan sederhana kita sudah nampak.
  9. Langkah selanjutnya siapkan potongan tripleks atau papan seukuran dengan lempengan alumuium yang akan kita tempel, juga siapkan lem kuning, beri lem pada kedua sisi alumunium dan tripleks, setelah kering tempelkan keuianya dan tekan-tekan dengan kain.
  10. Selanjutnya tahap ketok, alatnya menggunakan logam seperti paku tapi agak tumpul, jadi pada waktu di ketok alumunium tidak bolong tapi hanya berbekas, sedang pemukulnya menggunakan papan yang agak lebar supaya tidak meleset (pengetokan ambang 10 kali sampai 15 kali ketokan per detik)
Proses diatas hanya sekedar contoh sederhana saja dari alumunium, sedangkan cara membuat relief kaligrafi dari lembaran atau lempengan kuningan tidak beda jauh.
Demikian sedikit teknik cara membuat relief kaligrafi dari alumunium dan kuningan semoga dapat sedikit memberikan inspirasi.


Proses langkah dalam gambar:












Contoh relief kaligrafi:




2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...