Membuat Molding (Mal Cetakan) Resin Satu Muka Dengan Silicone Rubber

Fiberglass adalah sebuah product bahan kimia yang disebut resin, untuk tulang penguatnya disebut met atau serat gelas dan sebagai pengeras biasanya ditambahkan bubuk talk, dari semua bahan itu bisa diciptakan atau menduplikasi benda apasaja. Seperti meja, kursi, patung, alat permainan.dsb. Untuk membuat atau menduplikasi benda rumit, maka kita harus memiliki masternya terlebih dahulu. Master ini dapat kita buat dari bahan kayu, resin, fiberglass, plastik, melamin, tanah liat, dan sebagainya.

Langkah pertama membuat barang dari fiberglass kita harus membuat acuan atau cetakan, Pertama-tama siapkan modelnya, bisa dari barang yang sudah jadi misalnya patung porselen atau boneka plastik tetapi bila ingin dari karya sendiri bisa membuat dari kayu atau bahan lempung / tanah liat, bisa juga dari bahan lilin mainan.

Yang perlu disiapkan adalah;
  1. Resin
  2. Katalis 
  3. Met
  4. Silikon rubber 
  5. Lempung / lilin mainan 
  6. pelepas acuan (bisa semir sepatu bisa pengkilap lantai)
  7. Sundip kayu 
  8. Gelas plastik
  9. Timbangan kecil 
  10. Gelas ukuran 
  11. Kape 
  12. Gunting 
  13. Cutter 
  14. Lakban 
  15. Kain lap 
  16. Kwas besar 
  17. Kwas kecil 
  18. kaca (sebagai tataan)
Membuat Acuan / Cetakan  Satu Muka
  1. Pipihkan lilin mainan / tanah liat diatas meja kaca, letakan model diatasnya, beri pagar pembatas keliling kira kira dari model jaraknya 2 cm.
  2. Oleskan pelepas acuan dari semir sepatu / pengkilap lantai dengan kwas kecil ke seluruh model.
  3. Tuang silicone rubber ke dalam gelas plastik uk 240 ml. Tetesi dengan katalis sebanyak 140 tetes. Aduk secara merata. Tuang kedalam model, ratakan dengan sundip kayu. karet akan membeku sekitar 2 - 3 jam.
  4. Setelah karet membeku, siapkan gips kira kira 0,5 kg, campur dengan air, remas dengan tangan, jangan terlalu kental atau encer, kemudian tuang kedalam model secara merata, gips akan mengeras sekitar 15 menit.
  5. Model boleh dilepas sekitar 20 menit kemudian, lepaskan pagar lilin / tanah liatnya, kemudian model dibalik bersihkan semua lilinnya, lepaskan model dari gips, dan karetnya kemudian karet di letakan kembali pada posisinya semula kedalam gips.

Model ditaruh diatas lempengan 
lilin mainan / tanah liat



Pinggiran model diberi pagar lilin, 
kemudian tuang silikone 1 gelas uk. 270 ml. 
dengan 140 tetes katalis


Kira kira 2 jam silikone mulai mengeras, 
3 jam kemudian model di tutup dengan gips 
sebagai penahan bentuk, setelah kering atau gips 
merngeras dalam waktu 15 menit. 
balikan model.dan lepaskan karet dari modelnya


Mencetak / Menuang;
  1. Pertama olesi karet dengan pelepas acuan, kalau ingin melihat hasil cetakan, bisa dicoba dahulu dengan bahan gips. tuang gips yang telah dilarutkan denga air kedalam cetakan. 15 menit setelah mengeras, lepaskan dari cetakan.
  2. Mencetak memakai resin fiber, siapkan resin, katalis, gelas untuk ukuran, talk, met / serat gelas, pengaduk, sundip kayu, cutter, gunting, gelas plastik.
  3. Tuang resin 1/2 gelas campur dengan talk kira kira 1 sendok makan, aduk secara merata, beri sekitar 20 tetes katalis, aduk- tuang sedikit ke acuan, ratakan dengan kwas keseluruh permukaan karet, setelah agak mengental buat adonan lagi, oleskan lagi kemudian beri sobekan met basahi dengan resin sambil ditekan tekan memakai kwas beri lagi sobekan met basahi resin dan tekan sambil di olesi dengan resin. Untuk ketebalannya tergantung kebutuhan kalau bendanya kecil cukup 2-3 kali pelapisan terakhir olesi lagi dengan resin sebagai penutup. Resin akan mengeras sekitar 1 -2 jam.
  4. Setelah keras cetakan bisa dilepas dari acuan, untuk merapikan pinggiran hasil cetakan, bisa digunting atau di sayat dengan cutter.
  5. Hasil akhir bisa di cat.
Demikian, membuat acuan atau cetakan fiberglass satu muka, semoga bermanfaat.

sumber ; fiberglass

25 comments:

  1. Mohon ijin dicopy..trims banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon sertakan sumber aslinya..!!!
      ini... http://roes-art.blogspot.com/

      Delete
  2. maaf , gan ... bahan-bahan nya biasanya d jual di mana (toko jenis apa) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya ditoko bahan2 kimia atau di Depo bangunan

      Delete
  3. apakah lilin mainan bisa langsung di tuangkan resin mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lilin hanya sebagai modelnya ,pengganti kalau lempung tidak ada. dan seterusnya diajurkan memakai silikcon rubber sebagai tuangannya dan akan menjadi sebuah alat cetak atau negatifnya dari midel itu

      Delete
  4. Mantaf sangat bermanfaat sekali bagi saya makasih dah memberikan ilmu nya

    ReplyDelete
  5. lilin mainan itu maksudnya lilin malam bukan? terus kalau pakai lilin ada reaksi kimia nggak (kayak gas berbahaya) cetakan yang sudah jadi boleh dipakai buat nyetak ager ager ga? (aman nggak buat makanan?) tolong pertanyaan saya dijawab. terimakasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini lilin adalah sebagai ganti lempung untuk membuat sebuah model. dan akan di copy dengan memakai Silicon Rubber. silicon Rubber itupun ada beberapa jenis . dan yg diatas adalah silicon rubber yg diperuntukan buat cetakan benda keras dan bukan untuk cetakan makanan..karena dipermukaannya selalu mengeluarkan zat anti panas dan anti lengket. dan silicon rubber ini juga tidak bisa di buat topeng . karena ada bau khusus kalau untuk makanan saya kira ada rubber yg jenis berbeda tapi saya belum mempelajarinya karena bahan itu agak mahal seperti halnya bahan untuk mencetak wajah

      Delete
    2. makasih atas jawabannya

      Delete
  6. cak roes, kl bikin cetakan tangan gitu enakx pake apa n gmn ya? kyk yg biasax d bwt baby hand 3d gitu? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mencetak tangan bayi dia harus dalam keadaan tidur. dan bisa memakai silicon rubber tapi usahakan siliconnya yg bagus . cari wadah seperti mangkuk plastik yg penting tangan bisa terendam sewaktu dituang rubber. sebelumnya tangan diolesi baby oil.takaran catalysnya supaya ditambahin agar cepat membeku

      Delete
  7. kalo hasil resinnya kaya retak" itu kenapa yah... nggak semulus aslinya sya pakai rubber silikon..

    ReplyDelete
  8. kalau hasil resin nya retak retak kenapa yah kang...nggak semulus yang aslimya.. saya pakai rubber silikon

    ReplyDelete
  9. artikel yang bermanfaat...thnk mas...

    ReplyDelete
  10. Bisakah Silikon rubber bisa diganti silikon sealent gan....?

    ReplyDelete
  11. Klo ane mau beli silikon rabber itu di mana harganye berape ngitungnya kiloan ape kalengan merknya ape gtu?
    Tolong di jwab ye cos penting bget bgi ane mau coba2
    Makasih sblumnye

    ReplyDelete
  12. silicone rubber yang bagus apa ya bang? pernah nyoba make rubber tapi pas dituang ke masternya hasil akhirnya kurang bagus. juga pas dituang semi padat gitu cenderung kaya lilin.

    ReplyDelete
  13. Bang, rubber yang bagus apa ya. pernah nyoba pake rubber tapi hasilnya ga bagus.

    ReplyDelete
  14. maaf gan kalu beli resin sama katalis di mana

    ReplyDelete
  15. maaf gan kalu beli resin sama catalys di mana

    ReplyDelete
  16. maaf gan kalu beli resin sama catalys di mana

    ReplyDelete
  17. saya udah coba2 kok gak bisa kering ya silicon rubbernya..padahal sesuai takan..

    ReplyDelete
  18. bang,kalau memberi cairan resin pada kertas sticker di atas media kaca, agar kertas sticker yg sudah diberi cairan resin tidak lengket pada permukaan kaca saat resinnya sudah mengeras, itu gimana ya bang?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...