Meja Afdruk Film Sablon

Proses penyinaran screen pada afdruk film sablon, ada 2 cara, yaitu penyinaran dengan bantuan sinar matahari dan sinar lampu.

1. Menggunakan Sinar Matahari.
dengan menggunakan sinar matahari mempunyai kelebihan proses penyinaran yang relatif cepat, sedang kelemahannya, yaitu keterbatasan waktu dan cuaca. Jika sedang dalam keadaan cuaca mendung atau musim hujan, atau malam hari kita tidak bisa melakuakn proses afdruk film sablon.

2. Menggunakan penyinaran  lampu. 
Lampu yang digunakan biasanya lampu neon TL bisa juga lampu pijar biasa, penyinaran memakai lampu tidak terbatasi oleh kendala cuaca jadi cara ini akan lebih efektif, sehingga kita bisa melakukan afdruk pada malam hari. Meski begitu tetap ada sedikit kelemahan juga, kinerja akan terganggu jika ada pemadaman listrik.
Dari kedua cara tersebut di atas, kurang lebih mempunyai banyak kesamaan pada proses afdruk film sablon, hanya waktu penyinaran saja yang berbeda, pada penyinaran matahari memakai hitungan detik sedang penyinaran dengan lampu memakai hitungan menit.

Berikut ini sketsa meja lampu sederhana untuk afdruk yang umum biasa gunakan :

Tampak Atas



Tampak Samping



Perspektif


Pada saat proses afdruk sama dengan proses penyinaran matahari, hanya saja posisi screen menghadap kebawah kearah sinar lampu. Meja afdruk ini bisa juga difungsikan untuk meja sablon dengan ditambahi  catokan, dan kita tidak perlu kuwatir meskipun tidak ada penutup disamping-sampin meja hasil afdruk-an kita akan tetap akurat.

Atau kalau kurang yakin dengan meja yang terbuka, bisa pakai tutup dari triplek, seperti gambar dibawah ini;


Gambar Meja Afdruk
yang ditutup samping-sampingnya dengan triplek

3 comments:

  1. kalau pakai lampu tornado hemat energi bisa gak bang?

    ReplyDelete
  2. Kalau FIlm untuk spanduk penyinarannya seperti apaya, karena medianya panjang dan lebar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. film diolesi minyak tanah trus di rekatkan di screen yang sudah diolesi obat afdruk dan sudah dikeringkan tidak pakai kaca, langsung di afdruk di terik matahari dengan waktu 15 detik saja.

      Delete