Mengenal Jenis Sablon Kaos

Jenis Jenis Sablon kaos. Seperti kita ketahui, desain sablon kaos beraneka ragam. Mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Tipe atau metode sablon kaos pun terbagi menjadi beberapa macam. Untuk menjadi referensi bagi Anda yang memang ingin mengetahui pernak pernik sablon, silahkan amati 3 metode penyablonan yang umumnya digunakan:

1. Sablon Manual

Sesuai dengan namanya, sablon manual tidak memerlukan atau menggunakan mesin, namun hanya dengan tenaga kerja manual manusia. Sablon adalah proses mencetak dengan menggunakan kain saring khusus yang biasa disebut dengan screen. Daya penggunaan sablon sangatlah luas, atau boleh disebutkan hampir tidak terbatas jumlahnya, mengingat usaha sablon ini dapat dilakukan oleh perorangan dari usaha-usaha berskala kecil (home industri) sampai ke pabrik-pabrik yang besar.
Walaupun cara pengerjaannya secara manual, untuk masalah kualitasnya tidak usah diragukan karena sablon manual merupakan pelopor dari semua jenis sablon bahkan banyak yang mengatakan sablon manual lebih bagus dibanding sablon jenis lainnya dankebanyakan produsen kaos menggunakan sablon manual.


2. Sablon Digital

Sablon digital menggunakan tehnik sublimasi. Alat yang dibutuhkan adalah printer warna yang dimodifikasi dengan menggunakan tinta sublimation. Alat bantu lainnya adalah kertas transfer dan mesin hot press. Gambaran sederhana cara kerjanya adalah: desain gambar di print secara mirror atau terbalik ke kertas transfer, kemudian kertas transfer di tempel diatas bahan lalu di jepit didalam hot pres untuk mentransfer gambar keatas permukaan kaos.
Kelemahan sablon digital hasilnya kurang bagus untuk bahan cotton 100%. Sablon digital lebih cocok untuk bahan yang mengandung polyester. Bahan cotton yang mengandung polyester akan mendapatkan hasil lebih bagus dan lebih banyak kandungan polyester-nya akan lebih bagus hasil sablonnya. Kelemahan lainnya, hasil sablon tidak akan maksimal pada bahan kaos berwarna gelap dan memerlukan banyak daya listrik karena mesin hotpress memiliki watt yang tinggi.


Sablon DTG (Direct To Garment)

Metode penyablonan jenis ini menggunakan printer khusus untuk bahan kain khususnya kaos. Tinta yang digunakan printer ini tidak seperti tinta biasa yang kita pakai untuk print kertas, tapi tinta khusus yang digunakan untuk bahan yang terbuat dari kain. Hampir semua jenis kain bisa disablon dengan printer DTG mulai dari cotton combed, PE, serena, hyget, lacoste dll.
Kaos yang akan disablon bisa berupa bahan atau kaos yang sudah jadi bahkan untuk kaos jadi bisa disablon di beberapa bagian yang sulit seperti punggung, tangan dan kantong. Jenis printer DTG yang populer ada tiga macam, yaitu untuk bahan berwarna terang, warna gelap dan yang bisa untuk segala jenis warna terang maupun gelap. Dari sisi harga printer DTG juga berbeda-beda, untuk printer berkemampuan mencetak di bahan warna gelap lebih mahal dari yang warna terang.


Bagaimana menurut Anda? Mungkin ada diantara Anda yang sudah ahli di bidang sablon silahkan berkomentar atau memberi tambahan...

6 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...